JUMLAH ITEM SESUAI
USIA(8 bulan)
A.Item sebelah kiri
yang tidak dilalui garis usia
a.Sektor
Personal sosial
1) Makan
sendiri
2) Berusaha
mencapai mainan
3) Mengamati
tangannya
b.Sektor Adaptif-motorik halus
1) Menggaruk
manik-manik
2) Mencari
benang
3) Meraih
c. Sektor Bahasa
1) Satu
silabel
2) Menoleh
kearah suara
3) Menoleh
kebunyi icik-icik
d. Sektor Motorik kasar
1) Duduk
tanpa pegangan
2) Bangkit
kepala tegak
3) Membalik
B.
Item yang dilalui garis usia
a. Sektor Personal sosial
1) Daag-daag
dengan tangan
2) Menyatakan
dengan keinginan
3) Tepuk
tangan
b. Sektor Adaptif-motorik halus
1) Membenturkan
2 kubus
2) Memegang
dengan ibu jari dan jari
3) Mengambil
2 kubus
4) Memindahkan
kubus
c. Sektor bahasa
1) Papa/mama
spesifik
2) Mengoceh
3) Kombinasi
silabel
4) Papa
mama tidak spesifik
5) Meniru
bunyi kata-kata
d.
Sektor Motorik kasar
1) Bangkit
terus duduk
2) Bangkit
untuk berdiri
3) Berdiri
dengan pegangan
C.
Item sebelah kanan yang tidak dilalui garis usia
a. Sektor Personal sosial
1) Main
bola dengan pemeriksa
2) Menirukan
kegiatan
3) Minum
dengan cangkir
b. Sektor Adaptif-motorik halus
1) Menaruh
kubus dicangkir
2) Mencoret-coret
3) Ambil
manik-manik ditunjukkan
c. Sektor bahasa
1) 1
kata
2) 2
kata
3) 3
kata
d. Sektor Motorik kasar
1) Berdiri
2 detik
2) Berdiri
sendiri
3) Membungkuk
kemudian berdiri
PROSES TEST DDST
TANGGAL 15 MARET 2013
Nama : Ni Made Irawati
Umur : 8 bulan
Ttl : Belantih, 20 juli 2012
Alamat : Desa
belantih,Kec.Kintamani,Kab.Bangli,Prov.Bali
B.
ITEM YANG DILALUI GARIS USIA
a.
Sektor Personal sosial
1) Daag-daag
dengan tangan
Adik ayo dada sama
mamanya! Pemeriksa sambil ikut melambaikan tangan kearah ibu si anak.ya
pintar…..(anak sudah mampu daag-daag dengan tangan)
2) Menyatakan
dengan keinginan
Adik ini ada bubur mau
maem ga? Pemeriksa memperlihatkan semangkok bubur unyuk menarik perhatian si
anak.ya bagus….(anak sudah mampu mengucapkan “maem-maem”tanpa menangis)
3) Tepuk
tangan
Adik ayo tepuk tangannya! Pemeriksa
mengatakan hore,sehingga anak menepukkan tangannya ( anak sudah mampu
menepukkan tangannya)
b.
Sektor adaptif-motorik halus
1) Membentukankan
2 kubus
Adik ayo ambil
mainannya! Ya pintar…Pemeriksa sambil memberi contoh dengan cara membenturkan 2
kubus (anak sudah bisa membenturkan 2 kubus)
2) Memegang
dengan ibu jari dan jari
Adik sekarang ayo pegang
mainannya ini,ya bagus…Pemeriksa sambil memberikan mainan pada si anak. (anak
sudah mampu memegang dengan ibu jari dan jari)
3) Mengambil
2 kubus
Adik ayo ambil mainannya!
Ya pintar…Pemeriksa memberikan 2 kubus pada si anak ( anak sudah mampu
mengambil 2 kubus)
4) Memindahkan
kubus
Adik ayo sekarang
pindahkan kubusnya kesini,ya! Ya bagus……(anak sudah mampu memindahkan kubus
ketempat yang diarahkan pemeriksa)
c. Sektor bahasa
1) Papa/mama
spesifik
Adik ini siapa? Ayo
ucapin dik! “mama” “papa” Pemeriksa sambil mengucapkan “mama” “papa”.(anak
belum mampu mengucapkan papa/mama dengan spesifik)
2) Mengoceh
Anak sudah mampu
mengucapkan “babababa” “dadada”tanpa diarahkan.
3) Kombinasi
silabel
Adik ayo bilang “ma-em”! ayo dik ucapin! Ya pintar…(anak sudah mampu mengucapkan
kombinasi silabel)
4) Papa
mama tidak spesifik
Adik ini siapa? Ayo
ucapin dik! “mama” “papa” Pemeriksa sambil mengucapkan “mama” “papa”.(anak
sudah mampu mengucapkan papa/mama tidak spesifik)
5) Meniru
bunyi kata-kata
Adik ayo bilang
“ka-kak”.Ayo ucapin dik”ka-kak”.Pemeriksa sambil mengucapkan “ka-kak”agar si
anak ikut menirukan.(anak sudah mampu menirukan bunyi kata-kata tetapi belum
jelas)
d.
Sektor motorik
kasar
1) Bangkit
terus duduk
Adik ayo duduk,ayo kita main ya! Pemeriksa
mengarahkan si anak untuk bangkit dari posisi tengkurap,dengan iming-iming
memberinya sebuah mainan.(anak sudah mampu duduk sendiri dari tengkurap kemudian bangun sendiri dengan
bantuan tangannya)
2) Bangkit
untuk berdiri
Adik ayo bangun,kita
ambil mainan yok! Ya pintar…..(anak sudah mampu bangkit untuk berdiri dengan
bantuan kedua tangannya)
3) Berdiri
dengan pegangan
Adik ayo sekarang
berdiri! Ya pintar…..Pemeriksa mendekatkan alat yang bisa sebagai pegangan
untuk membantu si anak berdiri.(anak sudah mampu bangkit untuk berdiri dengan
menumpukkan kedua tangannya pada meja,kursi yang bisa menopang berat badannya)
HASIL AKHIR TEST DDST:
B.
SEKTOR YANG KENA GARIS USIA
a.
Sektor Personal sosial
1) Daag-daag
dengan tangan (Lulus)
2) Menyatakan
dengan keinginan (Lulus)
3) Tepuk
tangan (Lulus)
b. Sektor
adaptif-motorik halus
1) Membentukankan
2 kubus (Lulus)
2) Memegang
dengan ibu jari dan jari (Lulus)
3) Mengambil
2 kubus (Lulus)
4) Memindahkan
kubus (Lulus)
c.
Sektor bahasa
1) Papa/mama
spesifik (Menolak)
2) Mengoceh (Lulus)
3) Kombinasi
silabel (Lulus)
4) Papa
mama tidak spesifik (Lulus)
5) Meniru
bunyi kata-kata (Lulus)
d. Sektor motorik
kasar
1) Bangkit
terus duduk (Lulus)
2) Bangkit
untuk berdiri (Lulus)
3) Berdiri
dengan pegangan (Lulus)
Kesimpulan:
Dari hasil test yang dilakukan dapat
disimpulkan bahwa perkembangan anak dari sector personal social,sector
adaptif-motorik halus,sector bahasa dan sector motorik kasar,normal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar