Jumat, 03 Mei 2013

Tugas DDST



 JUMLAH ITEM SESUAI USIA(8 bulan)
A.Item sebelah kiri yang tidak  dilalui garis usia
a.Sektor  Personal sosial                                                     
1)      Makan sendiri
2)      Berusaha mencapai mainan
3)      Mengamati tangannya
 b.Sektor Adaptif-motorik halus
1)      Menggaruk manik-manik
2)      Mencari benang
3)      Meraih
 c. Sektor Bahasa
1)      Satu silabel
2)      Menoleh kearah suara
3)      Menoleh kebunyi icik-icik
d. Sektor Motorik kasar
1)      Duduk tanpa pegangan
2)      Bangkit kepala tegak
3)      Membalik

B. Item  yang dilalui garis usia
a. Sektor Personal sosial
1)      Daag-daag dengan tangan
2)      Menyatakan dengan keinginan
3)      Tepuk tangan
 b. Sektor Adaptif-motorik halus
1)      Membenturkan 2 kubus
2)      Memegang dengan ibu jari dan jari
3)      Mengambil 2 kubus
4)      Memindahkan kubus


 c. Sektor bahasa
1)      Papa/mama spesifik
2)      Mengoceh
3)      Kombinasi silabel
4)      Papa mama tidak spesifik
5)      Meniru bunyi kata-kata
 d. Sektor Motorik kasar
1)      Bangkit terus duduk
2)      Bangkit untuk berdiri
3)      Berdiri dengan pegangan

C. Item sebelah kanan yang tidak dilalui garis usia
a. Sektor Personal sosial
1)      Main bola dengan pemeriksa
2)      Menirukan kegiatan
3)      Minum dengan cangkir
b. Sektor Adaptif-motorik halus
1)      Menaruh kubus dicangkir
2)      Mencoret-coret
3)      Ambil manik-manik ditunjukkan
c. Sektor bahasa
1)      1 kata
2)      2 kata
3)      3 kata
d. Sektor Motorik kasar
1)      Berdiri 2 detik
2)      Berdiri sendiri
3)      Membungkuk kemudian berdiri


PROSES TEST  DDST  TANGGAL 15 MARET 2013
Nama                   : Ni Made  Irawati
Umur          : 8 bulan
Ttl               : Belantih, 20 juli 2012
Alamat        : Desa belantih,Kec.Kintamani,Kab.Bangli,Prov.Bali
B. ITEM  YANG DILALUI GARIS USIA
a. Sektor Personal sosial
1)      Daag-daag dengan tangan
Adik ayo dada sama mamanya! Pemeriksa sambil ikut melambaikan tangan kearah ibu si anak.ya pintar…..(anak sudah mampu daag-daag dengan tangan)
2)      Menyatakan dengan keinginan
Adik ini ada bubur mau maem ga? Pemeriksa memperlihatkan semangkok bubur unyuk menarik perhatian si anak.ya bagus….(anak sudah mampu mengucapkan “maem-maem”tanpa menangis)
3)      Tepuk tangan
Adik ayo tepuk tangannya! Pemeriksa mengatakan hore,sehingga anak menepukkan tangannya ( anak sudah mampu menepukkan tangannya)

 b. Sektor adaptif-motorik halus
1)      Membentukankan 2 kubus
Adik ayo ambil mainannya! Ya pintar…Pemeriksa sambil memberi contoh dengan cara membenturkan 2 kubus (anak sudah bisa membenturkan 2 kubus)
2)      Memegang dengan ibu jari dan jari
Adik sekarang ayo pegang mainannya ini,ya bagus…Pemeriksa sambil memberikan mainan pada si anak. (anak sudah mampu memegang dengan ibu jari dan jari)


3)      Mengambil 2 kubus
Adik ayo ambil mainannya! Ya pintar…Pemeriksa memberikan 2 kubus pada si anak ( anak sudah mampu mengambil 2 kubus)
4)      Memindahkan kubus
Adik ayo sekarang pindahkan kubusnya kesini,ya! Ya bagus……(anak sudah mampu memindahkan kubus ketempat yang diarahkan pemeriksa)

 c. Sektor  bahasa
1)      Papa/mama spesifik
Adik ini siapa? Ayo ucapin dik! “mama” “papa” Pemeriksa sambil mengucapkan “mama” “papa”.(anak belum mampu mengucapkan papa/mama dengan spesifik)
2)      Mengoceh
Anak sudah mampu mengucapkan “babababa” “dadada”tanpa diarahkan.
3)      Kombinasi silabel
Adik ayo  bilang “ma-em”! ayo dik ucapin!  Ya pintar…(anak sudah mampu mengucapkan kombinasi silabel)
4)      Papa mama tidak spesifik
Adik ini siapa? Ayo ucapin dik! “mama” “papa” Pemeriksa sambil mengucapkan “mama” “papa”.(anak sudah mampu mengucapkan papa/mama tidak spesifik)
5)      Meniru bunyi kata-kata
Adik ayo bilang “ka-kak”.Ayo ucapin dik”ka-kak”.Pemeriksa sambil mengucapkan “ka-kak”agar si anak ikut menirukan.(anak sudah mampu menirukan bunyi kata-kata tetapi belum jelas)

 d. Sektor  motorik  kasar
1)      Bangkit terus duduk
Adik  ayo duduk,ayo kita main ya! Pemeriksa mengarahkan si anak untuk bangkit dari posisi tengkurap,dengan iming-iming memberinya sebuah mainan.(anak sudah mampu duduk sendiri dari tengkurap kemudian bangun sendiri dengan bantuan tangannya)
2)      Bangkit untuk berdiri
Adik ayo bangun,kita ambil mainan yok! Ya pintar…..(anak sudah mampu bangkit untuk berdiri dengan bantuan kedua tangannya)
3)      Berdiri dengan pegangan
Adik ayo sekarang berdiri! Ya pintar…..Pemeriksa mendekatkan alat yang bisa sebagai pegangan untuk membantu si anak berdiri.(anak sudah mampu bangkit untuk berdiri dengan menumpukkan kedua tangannya pada meja,kursi yang bisa menopang berat badannya)





















HASIL AKHIR TEST DDST:
B. SEKTOR  YANG KENA GARIS USIA
a. Sektor Personal sosial
1)      Daag-daag dengan tangan                  (Lulus)
2)      Menyatakan dengan keinginan           (Lulus)
3)      Tepuk tangan                                      (Lulus)
b. Sektor adaptif-motorik halus
1)      Membentukankan 2 kubus                  (Lulus)
2)      Memegang dengan ibu jari dan jari     (Lulus)
3)      Mengambil 2 kubus                             (Lulus)
4)      Memindahkan kubus                           (Lulus)
c. Sektor  bahasa
1)      Papa/mama spesifik                             (Menolak)
2)      Mengoceh                                           (Lulus)
3)      Kombinasi silabel                                (Lulus)
4)      Papa mama tidak spesifik                   (Lulus)
5)      Meniru bunyi kata-kata                       (Lulus)
d. Sektor  motorik  kasar
1)      Bangkit terus duduk                           (Lulus)
2)      Bangkit untuk berdiri                          (Lulus)
3)      Berdiri dengan pegangan                    (Lulus)

Kesimpulan:
            Dari hasil test yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa perkembangan anak dari sector personal social,sector adaptif-motorik halus,sector bahasa dan sector motorik kasar,normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar